Saturday, 21 April 2018

Pertolongan pertama pada orang tenggelam






Kalian pasti pernah melihat atau mendengar berita tentang orang yang tenggelam, dan biasanya orang yang tenggelam itu bisa saja meninggal kan? sereeemmmm >.<
Jadi sekarang aku akan memberikan cara menolong orang yang tenggelam! 
Semoga bermanfaat yaaaa :)



  1. Sebelum kalian ke pulau, kalian wajib belajar renang terlebih dahulu, agar kalian berangkat dan pulang dengan selamat! Atau tidak, bawa teman yang jago renang bersamamu.

  1. Saat kamu dan temanmu ada di air dan temanmu tenggelam, kamu harus menyelamatkan dirimu terlebih dahulu, karena biasanya orang yang tenggelam akan memegang benda atau orang yang paling dekat dengannya untuk menyelamatkan diri. (aku pernah di gituin :”)

  1. Kalau kamu jago berenang, kamu bisa berenang dan selamatkan korban, kalau kamu tidak bisa berenang, kamu bisa suruh teman kamu yang bisa berenang untuk menyelamatkan korban, kalau semuanya tidak bisa berenang……. kalian boleh pakai tali atau kayu untuk menarik korban (kalau korban masih sadar)

  1. PALING PENTING: Kalau ada teman yang tenggelam, langsung di tolong! jangan videoin hanya untuk menambah viewers!




Cara menolong korban yang pingsan

1. Membaringkan korban dengan kepala lebih rendah dan badannya. Pastikan pula bahwa saluran pernapasannya terbebas dari benda benda menghambat.
2. Luruskan posisi badan.
3. Lepaskan atau longgarkan pakaiannya.
4. Usapkan kain basah ke bagian muka, dan biarkan ia untuk mengisap bau amoniak, minyak kayu putih, kolonye atau bau-bauan lain yang menyengat.
5. Bila korban telah siuman, minumkan kopi atau teh panas. Bila pingsan telah berlangsung lebih dan satu atau dua menit, selimuti korban dengan kain yang hangat agar tubuhnya tetap hangat.
6. Panggillah ambulans dan bawalah ke rumah sakit/puskesmas terdekat
~informasi dari Detik Life

Wednesday, 11 April 2018

Tantangan #7 Lokasi Ekspedisi

ini adalah catatanku untuk perjalanan ekspedisi nanti :)


Halimun:












Situ Gunung:





Monday, 2 April 2018

Jurnal Zero Waste

Halo teman-temaaaan 
Jadi kemarin tanggal 28 Maret 2018 kita pergi ke Kampus UIC untuk bertemu dengan kak Pita.
Kak Pita suka sekali mendaki gunung, dan kak Pita sudah mendaki 5 gunung! Wow keren banget ya! Dan semua gunung yang kak Pita daki harus zero waste, jadi kak Pita usahakan untuk tidak menghasilkan sampah saat mendaki. Kak Pita menceritakan gimana caranya zero waste saat mendaki gunung, dan kak Pita juga memberi tau salah satu makanan yang kak Pita masak saat sedang mendaki gunung, ya itu adalah sup yang berisi dengan sayuran saja! Kak Pita juga memberi tau apa aja makanan yang bisa dibawa tanpa menghasilkan sampah seperti Roti, Ikan asin, Ikan teri, Telur asin. Kak Pita juga menceritakan pengalamannya saat mendaki gunung. Oh ya, dan kak Pita juga punya buku bernama "Zero Waste Adventure"


Sekian dari ceritaku kemarin, terimakasih sudah membaca :)

Friday, 30 March 2018

Jurnal pertemuan 5&6 part 2

Halo teman-temaaaan
Ini adalah jurnal hari kedua aku di IPB Bogor. Kalau kalian belum baca yang hari pertama, mohon dibaca dulu yaa... biar lebih tau jalan ceritanya. Kita mulai aja ya.....
Jadi hari ini (22 Maret 2018) adalah hari terakhir di IPB Bogor. Pagi ini kita di bangunkan dengan kak Dinda, seharusnya kak Dinda hanya buka pintu aja sih... tapi aku ke bangun hehe. Kita memulai hari dengan sikat gigi dan mandi (aku tidak mandi sih hehehe), kebetulan grup laki-laki belum pada bangun, jadi grup perempuan bisa pakai toilet bawah ( ͡° ͜ʖ ͡°).  Selesai mandi, kita langsung kumpul di lapangan untuk main games. Kita main game bernama "presiden dan bodyguard". Permainannya unik dan seru sekali. Lalu kita diberi cemilan berat dengan kakak-kakak Skala petualang, tapi sayangnya karena makanannya pedas aku tidak menghabiskan makannanya, karena aku tidak kuat pedes hehe.
Selesai makan, kita langsung lanjut eksplorasi ke hutan, sekalian mengambil gypsum yang kita buat kemarin. Kita jalan dari tempat penginapan ke hutan yang kita buat gypsum lumayan jauh dan licin. Sampai di tempat kita buat gypsum, kita langsung mengambil gypsumnya. Hasil gypsumnya lumayan bagus walaupun masih lumayan basah. Kita bawa gypsumnya menggunakan plastik. Selesai itu kita langsung lanjut mencari binatang-binatang. Kita menemukan tupai dan banyak jenis burung. Kita juga mencatat binatang-binatang yang kita temui di jalan. Kita menyari binatang lumayan lama. Akhirnya kita balik ke tempat penginapan. Lalu kita belajar buat api. Ternyata membuat api hanya dengan kayu dan korek lumayan susah, mungkin karena ada angin jadi apinya terus mati. Akhirnya kita bisa membuat api walaupun kecil. Setelah belajar membuat api, kita lomba masak. Kita bertugas untuk membuat makanan memakai bahan-bahan yang sudah di siapkan. Tadinya kita mau masak di luar, tapi tiba2 hujan deras, akhirnya kita pindah ke dalam tempat penginapan untuk lomba masak. Aku dan teman-teman aku di grup raflesia (putri 1) memasak soup yang bernama "SOUPer soup" dan telur orak arik, kita juga memasak nasi tanpa memakai rice cooker. Nasi yang kita masak enak dan telurnya juga enak, tapi supnya kurang garam😂. Selesai kita masak, makanannya di kasih ke para juri (kakak kakak Skala), katanya nasi kita enak! Horeeeee!!!!! Tapi lebih enak nasinya grup Katelia😂. Juri pun menentukan siapa yang menang, yang menang adalah..... jeng jeng jeng jeng....... GRUP RAFLESIAA.... hahaha bukan kok, yang menang itu GRUP KATELIAAA!!!! Mereka pun diberi hadiah, hadiahnya adalah semangka. Akhirnya grup Katelia membagikan semangkanya ke grup lain juga BAIK BANGET GAK SIH <3 . Selesai masak, kita beres-beres dan kita istirahat sebentar. Sambil istirahat, aku, Tata, dan teman-teman yang lain memakan makanan yang tadi kita masak.... enak lhoo hahaha. Setelah itu, kita makan siang bersama di kantin (aku bawa Coki ke kantin hehehe). Aku makan nasi goreng dan es jeruk, aku dan Hanin juga kasih setengah telurnya ke Coki hahaha. Selesai makan kita packing barang-barang dan mengambil hp kita masing-masing.... akhirnya bisa main hp lagiiii hahahha🤣🤣🤣 selesai packing kita langsung pulang BYE BYE COKIII!!! Kita jalan ke pintu keluar di temani dengan Cokiiii. Lalu sampai di pintu keluar, kita menunggu angkot untuk ke stasiun Bogor, di angkot kita lumayan lama jadi hampir semua temen di angkot tidur hahaha. Sampai di stasiun Bogor kita langsung naik kereta. 

Sekian dari cerita aku

Terimakasih sudah membaca :)

Friday, 23 March 2018

Jurnal pertemuan 5&6 part 1

Halo teman-teman
Jadi... kemarin tgl 21-22 aku dan teman-temanku pergi ke IPB Bogor untuk latihan ekspedisi, kita juga dapat tugas, tugasnya adalah membuat jurnal! Jadi ini adalah jurnal aku untuk tanggal 21 kemarin.

Tgl 21 Maret 2018
Aku bangun jam 4.00 pagi. Aku langsung siap-siap untuk pergi ke IPB Bogor. Aku berangkat dari rumah kurang lebih jam 4.20, aku berangkat naik gojek. Aku, Ratri, dan Hanin sepakat untuk bertemu di stasiun Kranji pada pukul 4.45, tapi karena macet dan banyak lampu merah, akhirnya aku terlambat. Ratri dan Hanin berangkat ke stasiun Manggarai lebih dulu dari pada aku. Karena aku tidak tepat waktu, akhirnya aku naik kereta yg berbeda dengan Ratri dan Hanin. Saat aku naik kereta, keretanya lumayan penuh karena itu jam orang-orang pergi kerja. Saat aku melewati stasiun Buaran, Agla, Michelle, Alev, dan Kaysan naik kereta yg aku naiki, tapi gerbong aku beda dengan gerbong mereka, aku di gerbong 8 dan mereka di gerbong 3.
Saat kita sampai di Manggarai, kita bertemu dengan Ratri dan Hanin. Kita tidak langsung ke Stasiun Bogor, kita tunggu Nawra dan Ziel dulu. Kita sudah menunggu lumayan lama, akhirnya kita memutuskan untuk langsung ke stasiun Bogor. Saat kereta Bogor datang, Ziel sampai di Manggarai dan kita menyuruh dia untuk segera datang ke peron 6. Di kereta, kita melihat ada tempat duduk kosong, tapi sayangnya itu adalah tempat duduk prioritas, tapi karena tidak ada tempat duduk lain, akhirnya kita duduk di tempat duduk itu ( ͡° ͜ʖ ͡°). Sampai di stasiun Bogor kita langsung bertemu dengan teman yang lain, kita juga bertemu dengan kakak kakak Skala. Kita ngobrol, dan menunggu teman2 yg lain untuk datang. Saat semua teman sudah datang, kita langsung berangkat naik angkot ke IPB Bogor. Sampai di IPB Bogor, kita jalan lumayan jauh untuk ke tempat penginapan. Kita berjalan dengan membawa tas yang berat fiuhhhh tapi karena jalannya bersama teman-teman, capeknya tidak terasa (terasa sih dikit). Akhirnya kita sampai di tempat penginapan. Di tempat penginapan, kita istirahat sebentar. Hp kita di simpan di box supaya kita tidak terganggu. Selesai istirahat, kita main games dulu sama kakak-kakak Skala. Nama gamenya "suit binatang". Saat Kita mulai pengamatan ke hutan, kita bertugas untuk mencatat binatang2 yg kita temukan disana. Kita ketemu kupu-kupu yang besar, laba-laba air, tenggerok (?), dan banyak jenis burung, oh ya sama tupai juga. Kita juga membuat gypsum. Kita kira itu adalah telapak kaki hewan beneran, ternyata saat aku tanya "kak Dinda, ini hewan beneran atau kakak buat?" Lalu kak Dinda menjawab "ini di buat" lalu aku tanya lagi "kok di buat?" Lalu kak Dinda menjawab "ya untuk kalian lah, kalo gk ada kalian ngapain kakak buat ini?😂".
Karena kita buatnya sore, jadi nyamuk ada dimana-mana -_-, untung Sovi bawa obat anti nyamuk THANKYOU SOVIIII!!!! Selesai kita buat gypsum, kita langsung balik ke tempat penginapan. Kegiatan belum selesai, kita masih harus menuliskan binatang-binatang yang kita temu tadi. Akhirnya kegiatan selesai. Kita langsung mandi dan siap-siap tidur. Sebelum tidur, kita ngobrol-ngobrol dulu. Oh iya, kita juga ketemu dengan anjing bernama COKI! Seharusnya kita ketemu dengan 3 anjing, tapi aku lupa nama 2 anjing lainnya ( ͡° ͜ʖ ͡°).